22/02/12

My high dpression in Creativity


orang bilang sih, karya terbaik Pramudya Ananta Toer dihasilkan saat di penjara.di masa Yunani kuno, Socrates pernah berkata bahwa seorang penyair tak akan bisa mencipta kecuali dia kehilangan akal dan mendapat ilham, sedangkan menurut Aristoteles, tidak ada jenius besar yang tak tersentuh kegilaan.
Namun, baru sepanjang 30 tahun terakhir penelitian ilmiah menunjukkan ada kaitan kuat antara depresi dengan kreativitas. Meskipun demikian, konklusi ini tetap menjadi perdebatan sampai sekarang.
Menurut salah satu hasil penelitian yang diterbitkan About Suicide dariAmerican Foundation for Suicide Prevention pada tahun 2000, manusia kreatif jauh lebih rawan terkena depresi, sehingga bunuh diri. Studi-studi biografi sastrawan dan seniman besar secara konsisten memperlihatkan tingginya rata-rata depresi, depresi parah (manic depression), dan angka bunuh diri.
Studi yang dilakukan Dr. Kay Redfield Janilson pada tahun 1995 terhadap sekitar seribu seniman dan penulis besar (dan sebagian besar sukses) menyimpulkan bahwa mereka cenderung mengalami tekanan mental, depresi, serta melakukan usaha bunuh diri. Probabilitasnya dua sampai tiga kali lebih besar dibandingkan orang-orang yang sukses dalam kehidupan bisnis atau publik, dan 10-20 persen lebih besar ketimbang orang awam.
Studi lain yang dilakukan oleh A. Ludwig pada 1992 terhadap generasi penulis dan seniman terdahulu menyatakan bahwa kemungkinan mereka terkena depresi adalah delapan sampai sepuluh kali lebih besar ketimbang orang biasa, dan bahkan rata-rata tindakan bunuh dirinya 18 kali lebih besar. Peneliti lain, J. Fish pada tahun 1962 bahkan menghubungkannya dengan kondisi skizofrenia.

Banyak sastrawan dan seniman besar yang mengalami depresi pernah mengatakan bahwa kreativitas mereka dipicu oleh kondisi emosi, amarah, kekecewaan, kesedihan, dan kesepian.


Inilah yang sedang gw alami sekarang,sepertinya kreatifitas akan sebuah inovasi mencapai titik jenuh atau mungkin titik nol.Tidak pernah terpikirkan sebelumnya dunia kreatifitas adalah jalan hidup gw saat ini.Ditengah segala kekurangan dan segala keinginan gw untuk berkarya yang terhambat oleh finansial karena gw gak lagi hidup dengan keluarga yang selalu menyemangati gw setiap hari.
sekarang gua seperti kebingungan,gua penuh akan segala pikiran yang berimajinasi kepada sebuah inovasi.Namun begitu berat ketika gua ciptakan inovasi tersebut di dalam fikiran gua.
Gw selalu bertahan untuk tidak melakukan cara-cara yang tidak benar untuk mengembalikan kreaitifitas gw seperti yang dilakukan banyak seniman dan desainer,MAAF SOB,SAY NO TO DRUG.

Berbagai kelelahan sekarang gw rasain,gw hanya butuh ide-ide cemerlang di kepala gw seperti sebelumnya,gw butuh peyegaran kembali.

sekarang gw coba untuk menulis apa saja yang ingin gw curahkan dan menggambar apa saja yang sedang gw imajinasikan.Semoga gw bisa terus berkarya.Semangat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[img]http://www.websmileys.com/sm/aliens/hae36.gif[/img]