15/03/12

Karenamu,Kulihat jalan itu

Banyak hal terpikirkan ketika saya mulai melangkah ke tingkat akhir pendidikan di masa SMA,kegelisahan akan masa depan mulai meyelimuti,pengenalan identitas diri yang sesuai dengan diri saya sendiri mulai dipertanyakan.Apalagi cita-cita ingin berkuliah di Universitas terkenal di Indonesia ini sepertinya harus diurungkan dulu karena kebangkrutan demi kebangkrutan melanda usaha keluarga.Usaha pribadi yang saya tekuni saat itu yaitu usaha accesories untuk remaja pastinya belum bisa membiayai kuliah di pulau tetangga itu.

Mulai lah pencarian beasiswa di mulai dan akhirnya saya memperoleh beasiswa di Universitas Paramadina.Namun tetap saja perasaan ini belum lega walau telah memulai kehidupan baru sebagai calon designer produk Indonesia.Mengapa?Karena saya belum memiliki donor untuk kuliah ini.

Ketika ibu Kurniawati Yusuf (direktur Fellowship Paramadina) menelepon saya untuk mengikuti seleksi beasiswa dari MRUF,saya lansung melihat jalan itu ada.Modal entrepreneur yang saya jalani selama ini menghantarkan saya ke ruang wawancara beasiswa MRUF bersama Bapak Nanang (direktur eksekutif MRUF),pertanyaan demi pertanyaan dapat saya jawab dengan percaya diri karena pertolongan Allah SWT dan pengalaman wirausaha yang saya peroleh semasa SMA.

Bagi saya,mendapatkan beasiswa MRUF adalah sebuah pintu gerbang menuju cita-cita saya menjadi pengusaha handal bertaraf Internasional,memang sebuah cita-cita yang tinggi karena saya merasa semakin dekat dengan cita-cita itu setelah mendapatkan beasiswa MRUF.
beasiswa wirausaha ini memberikan dorongan bagi saya untuk terus berwirausaha,semakin mengecilkan niatan saya untuk memilih hidup sebagai karyawan.

di tahun pertama kuliah,saya memulai usaha jasa desain kaos distro yang dipasarkan secara online,sedikit memberikan penerangan,karena usaha ini saya tekuni sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain dan tanpa networking.Usaha ini cukup memberikan penghasilan.Saya kembangkan usaha ini dengan memproduksi baju kaos distro secara mandiri,namun kepercayaan akan sebuah vendor produksi malah membuat usaha saya menjadi turun dan akhirnya bangkrut karena saya harus mengganti uang konsumen yang dibawa kabur oleh vendor tersebut.tahun kedua kuliah,saya diajak seorang teman membangun usaha distro karena dia tahu saya pernah mempunyai pengalaman di bidang ini,Akhirnya terbentuk distro pramuda (lokasi :kompleks Universitas Paramadina),dengan modal dari seorang investor. Namun saya memutuskan keluar dari bisnis ini karena konflik internal dalam usaha (maaf saya tidak menceritakan kisah bagian ini bagaimana,karena menyangkut nama baik oknum).Setelah itu saya memulai usaha sendiri lagi di bidang konveksi,percetakan dan jasa desain.Ternyata usaha yang saya tekuni 2 tahun sebelumnya memberikan pencerahan,saya yang dikenal sebagai designer kaos distro dahulu,memanggil para konsumen sebelumnya.Permintaan desain kaos,desain jaket,dan berbagai desain pakaian datang kepada saya walau tidak secara continious setiap bulannya beserta dengan produksinya hingga sekarang.

bagi saya berinteraksi dengan MRUF secara hati saja sangat memberikan inpirasi dan motivasi,selalu mendorong saya untuk berwirausaha,apalagi berinteraksi secara lansung dengan MRUF dan para alumni lainnya,semakin membuat semangat saya menggebu-gebu membangun usaha yang lebih professional.Bertemu dengan keluarga ibu Mien Uno dan keluarga besar MRUF membuat saya malu jika tidak mempunyai usaha,karena itu saya selalu membangun usaha demi usaha,ketika saya jatuh,saya berdiri kembali.MRUF adalah keluarga bagi saya di jakarta ini,saya sangat senang ketika Bapak Nanang mewakili MRUF datang dan memberikan support kepada saya dan tim kami dengan datang pada acara gelar pamit folkfestival ke Perancis dan Spanyol,Hal ini membuktikan MRUF sangat menyayangi dan mendukung setiap hal yang dilakukan oleh alumni-alumni nya.

saat ini saya sedang membangun usaha yang lebih serius dengan membangun EFjart Design Studio dimana merupakan sebuah jasa desain produk,3D,dan animasi persentasi produk.(www.efjartdesignstudio.com) yang saya harap sebagai langkah awal menuju cita-cita saya sebagai pengusaha property.

rencana saya semasa kuliah ini adalah membuat usaha yang saya tekuni ini melangkah kepada peluang-peluang besar lainnya dan menjadi social entrepreneur dengan memberdayakan masyarakat terutama di kampung saya Pariaman,Sumatera Barat.Rencana saya untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri semoga terwujud setelah saya menyelesaikan program studi S1 yang bertujuan meningkatkan ilmu,wawasan,kreatifitas,dan membangun networking yang lebih luas demi pengabdian masyarakat yang ingin saya wujudkan menjadi social entrepreneurer yang memberikan dampak pada masyarakat indonesia dan memberikan pengaruhnya pada masyarakat dunia.

Saya berharap MRUF selalu memberikan cahaya semangat wirausaha ke mahasiswa -mahasiwa lainnya di seluruh Indonesia.Semoga workshop wirausaha dan pemantauan wirausaha dari setiap alumni semakin ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[img]http://www.websmileys.com/sm/aliens/hae36.gif[/img]